Monday, April 11, 2016

Pembahasan Jurnal Ilmiah Tentang Aplikasi Android

Berikut adalah link untuk pembahasan kali ini:
http://marendadp.blogspot.co.id/2014/01/penulisan-ilmiah-android.html

Abstraksi Penulisan:

Pokok pembahasan dalam penulisan ilmiah ini adalah menjelaskan mengenai cara pembuatan aplikasi Penjualan Pulsa Elektrik pada ponsel dengan menggunakan Android. Pada proses pembuatannya dibutuhkan rancangan awal pembuatan aplikasi ini yang disajikan melalui bentuk struktur navigasi dan flowchart yang terdiri dari input, proses, output variabel tentu saja seluruh komponen yang dapat membangun terciptanya suatu aplikasi dan gambar yang dapat digunakan sebagai alat penulis untuk merancang aplikasi yang dibuat. Flowchart yang disajikan dapat memudahkan penulis untuk menentukan berbagai alur atau logika aplikasi. Aplikasi Penjualan Pulsa Elektrik sangat mudah dgunakan karena menampilkan user interfaceyang sangat user friendly. Dalam menggunakan perangkat lunak kita menggunakan Android SDK (Software Develompment Kit)serta didukung oleh AVD(Android Virtual Device), yang berfungsi untuk mengembangkan algoritma-algoritma yang dibangun., dengan menggunakan Eclipse Galileo sebagai editor untuk menulis script, selain itu juga versi Android Virtual Device yang digunakan pada pembuatan aplikasi ini yaitu Android 2.2 (Froyo : Frozen Yoghart).


Metode Penulisan: 

Guna memperoleh bahan-bahan dan informasi yang dibutuhkan dalam perancangan aplikasi, dilakukan studi lapangan kepada penjual pulsa elektrik, selain itu penulis juga mencari artikel-artikel yang berhubungan dengan tema penulisan ilmiah, untuk menunjang penelitian, dilakukan pula kajian kepustakaan dengan mengumpulkan dan mempelajari berbagai referensi dari buku, web site dan pemrograman Android sehingga dapat dijadikan landasan untuk melakukan penelitian.


Kesimpulan:

Dari hasil uji coa program yang telat dilakukan baik pada emulator maupun pada beberapa perangkat selular (mobile device) dapat disimpulkan bahwa program dapat berjalan dengan baik. Aplikasi penjualan pulsa elektrik untuk peramgkat seluler  menggunakan Android yang penulis buat merupakan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat selular yang mengimplementasikan teknologi berbasis Android versi 2,2 froyo. Aplikasi ini dapat dijalankan dengan baik pada versi Android 2.2 froyo dan versi android 2.3 gingerbread, sedangkan pada android versi sebelumnya akan mengalami error saat proses install aplikasi.
Diharapkan aplikasi yang penulis buat dapat membantu mempermudah para penjual pulsa elektrik dalam melakukan transaksi, karena penjual hanya perlu memilih menu-menu yang disediakan sehingga tidak peru lagi mengetik secara manual kode format SMS atau menghafal kode setiap provider.






No comments:

Post a Comment